Komplikasi Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diketahui

Komplikasi Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diketahui.- Penyakit asam lambung tentunya sudah tidak asing lagi di lingkungan masyarakat kita, namun hati hati karena penyakit asam lambung ini bisa berbahaya.

Apa Itu Penyakit Asam Lambung ?

Penyakit Asam lambung adalah suatu kondisi dimana asam lambung naik menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati. Idealnya asam lambung jelas terletak di lambung, tapi jika produksi asam lambung yang terlalu berlebihan menyebabkan asam lambung naik  hingga ke dada, tenggorokan bahkan kerongkongan, terjadi aliran balik isi lambung ke atas, Saat naik, asam lambung berikut makanan yang di urainya ikut ke luar dari lambung. Jika hal ini terjadi anda pasti akan merasakan nyeri, mual dan juga rasa panas yang tidak nyaman. naiknya asam lambung atau yang sering di sebut penyakit GERD adalah suatu keadaan di mana terjadi komplikasi asam lambung, naiknya asam labung ke dada dan ke kerongkongan akan terjadi peradangan dan infeksi bahkan terjadi tukak yang membahayakan bagi lambung dan organ lainnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi Ari Fahrial Syam mengungkapkan, penyakit asam lambung memang tak bisa dianggap sepele. Ketika asam lambung tinggi atau dikenal dengan gastro esophageal reflux disesase (GERD), dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius.
“Asam lambung, kan normalnya ada di lambung. Kalau asam lambung tinggi, bisa naik ke atas, ke tempat lain, seperti kerongkongan, paru-paru jadi asma atau sesak napas, rongga hidung. Jadi memang komplikasinya bisa macam-macam,” terang Ari
Ari menjelaskan, ada dua gejala utama terjadinya GERD, yaitu nyeri dada dan rasa panas di dada seperti terbakar.  Biasanya mulut juga terasa pahit karena ada asam yang naik. Asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan  luka pada dinding dalam kerongkongan.
Jika terjadi dalam jangka panjang, daerah luka bisa menjadi luas dan bisa menyebabkan  penyempitan pada kerongkongan bawah. Asam lambung yang tinggi juga dapat menyebar ke gigi, tenggorokan, menyebabkan sinus, dan pita suara menjadi serak.
“Bahkan GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s yang merupakan lesi pra kanker,” lanjut Ari.
Ari mengatakan, banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya GERD. Di antaranya, obesitas, kebiasaan konsumsi cokelat dan keju, merokok, konsumsi alkohol, hingga kebiasaan langsung tidur setelah makan.

KOMPLIKASI PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Penyakit asam lambung juga bisa memperparah gejala penyakit lain, khususnya asma. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komplikasi-komplikasi tersebut.

  • Asma. Gejala asma akan memburuk karena saluran udara bisa terganggu oleh asam lambung. Obat-obatan asma juga memperparah gejala GERD.
  • Penyempitan saluran esofagus. Yaitu kerusakan pada dinding bagian bawah dari esofagus karena teriritasi asam lambung terus menerus. Setelah teriritasi terus-menerus, esofagus membentuk jaringan luka yang akibatnya menyempitkan saluran untuk lewatnya makanan.
  • Luka pada dinding esofagus atau tukak esofagus. Asam lambung bisa mengikis dinding esofagus dengan sangat parah, ini yang menyebabkan luka atau tukak terbentuk. Tukak esofagus bisa berdarah dan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kesulitan saat menelan.
  • Esofagus Barrett. Perubahan sel-sel pada dinding esofagus bisa terjadi setelah teriritasi asam lambung berulang kali. Kondisi ini disebut Esofagus Barrett dan bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tapi di kemudian hari, sel-sel ini bisa memicu munculnya sel kanker walau terhitung jarang.
  • Kanker esofagus. Selain akibat GERD yang berkelanjutan, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker esofagus. Risiko akan meningkat jika penderita adalah seorang pria, perokok dan peminum alkohol, mengalami obesitas atau kegemukan. Gejala paling umum dari kanker esofagus adalah kesulitan dan rasa sakit saat menelan serta penurunan berat badan.

Nah maka dari itu jangan pernah sepelekan penyakit asam lambung, karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi dan juga bisa mengancam jiwa.


INFO PENGOBATAN

Untuk pengobatan penyakit asam lambung dengan cara herbal dan juga alami anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp di 0812.2459.8008 atau melalui SMS / WA di 0812.2442.9800 bisa juga melalui BBM : D26B1DF1

Anda juga bisa mengunjungi website obat penyakit asam lambung => obatpenyakitasamlambung.mkes.info


Terimakasih atas kunjungannya :)

Share: